Loading Events

Pertunjukan musik

Lewat Masa Kritis

PlayPause
Slider

Bar(u)atimur Ensemble
Pengaba: Marisa Sharon Hartanto

Sabtu, 13 Agustus 2022, 20:00 WIB
Minggu, 14 Agustus 2022, 16:00 WIB

Di Teater Salihara

 

Tiket umum
Rp100.000

Tiket pelajar (pelajar SD-SMA & mahasiswa S1)
Rp75.000
 

Gamelan Sunda degung temprak dengan instrumen Barat (flute, dua violin, viola, dan selo) disertai vokal kontemporer akan membawa kita pada perenungan bunyi melalui koridor masa kritis. Pandemi COVID-19 adalah masa kritis ketika begitu banyak manusia meninggal dengan cepat dan mengejutkan. Kini pada 2022 muncul harapan baru ketika pandemi ini harapkan berakhir dan masa kritis pun lewat.

Perang bunyi antara instrumen Barat dan tradisi hingga klimaks, seperti gelombang COVID-19 yang naik turun, bunyi ketegangan di rumah sakit, suara ambulan, nada-nada yang menyiratkan munculnya sinar harapan, hingga dunia baru yang akan berbeda, ketika manusia lebih menghargai napas, udara, kesempatan dan relasi antar-manusia. Kesamaan Timur dan Barat pada masa kritis ini ditampilkan dalam bentuk melodi dan ritme. Bunyi yang mirip pada instrumen Barat dan tradisi yang serupa tapi tak-sama, hingga akhirnya terpisah dalam ritme interlocking dan counter melody yang berjalan paralel mengingatkan bahwa kita semua mengalami masa kritis yang sama.

 

Profil Seniman

Marisa Sharon Hartanto dilahirkan di Jakarta pada 1986 dan saat ini berdomisili di Jakarta. Pada 2013, ia menyelesaikan gelar Magister Komposisi di Royal Holloway University di London. Ia juga meraih gelar Sarjana Farmasi dan Profesi Apoteker dari Universitas Indonesia dan Sertifikat Master Arranging & Orchestration dari Berklee College of Music. Sebagai komposer, konduktor dan pianis, Marisa mengelola sebuah studio musik untuk anak-anak bernama Canzona Music School dan mendirikan Perempuan Komponis, sebuah platform bagi komposer wanita Indonesia, bersama empat rekannya. Ia juga mendapatkan penghargaan, di antaranya, adalah pemenang BBC Concert Orchestra Baroque Remixed Project 2012 dan penghargaan dari Royal Holloway’s Travel Award: Dame Felicity Lott’s Bursary untuk conducting. Pada 2013 ia ditunjuk sebagai salah satu komponis associate dari London Symphony Orchestra Soundhub’s Phase II. Karya-karyanya telah ditampilkan di dalam dan di luar negeri, seperti London, Skotlandia, Taiwan, Belgia, Australia, Thailand dan Amerika Serikat.
Shopping Basket