Loading Events
  • This event has passed.

Kelas Menulis Lakon

Kelas Menulis Lakon

Kelas Menulis Lakon (Normal) (HABIS) - Rp 650.000
Kursi tersedia 0
PlayPause
Slider

Pengajar: Joned Suryatmoko
Selasa & Jumat, 11 & 14, 18 & 21, 25 & 28 Januari 2022, 19:30 WIB

Zoom Komunitas Salihara

Tiket: Rp650.000

Durasi: 6 Pertemuan | 120 Menit

Menulis naskah lakon dapat beririsan dengan banyak hal. Penulis berhadapan dengan imajinasi, fiksi, data, peristiwa, kejutan dan lain-lain. Menyusun semua itu ke dalam sebuah naskah lakon sesungguhnya mengandung keasyikkan dan sebuah tantangan kreatif. Tapi bagaimana menuliskannya?

Kelas ini berisi presentasi, diskusi beserta praktik menulis naskah lakon. Bersama Joned Suryatmoko (praktisi teater), peserta berkesempatan untuk mengolah ide menjadi sebuah naskah yang baik sesuai gubahan masing-masing. Naskah karya peserta kelas ini berpeluang diikutkan dalam program-program seni baik yang diadakan Komunitas Salihara maupun lembaga lainnya.

Tujuan

– Menambah khazanah naskah-naskah lakon di Indonesia;
– Membuka kemungkinan munculnya penulis-penulis baru yang fokus pada naskah lakon;
– Meluaskan pilihan naskah bagi para pelaku seni peran di Indonesia.

Kriteria Peserta

– Berusia minimal 18 tahun;
– Punya pengalaman setidaknya menyaksikan pertunjukan teater langsung ataupun membaca lakon;
– Berkomitmen mengikuti rangkaian program kelas hingga tuntas.

Paket Kelas

– Modul kelas
– Sertifikat
– Peluang naskah-naskah dari kelas ini untuk diikutkan dalam program-program seni baik yang diadakan Komunitas Salihara maupun lembaga lainnya.

Profil

Joned Suryatmoko adalah pembuat teater, penulis naskah lakon dan aktor. Karya lakonnya telah dibacakan dan dipresentasikan di berbagai forum seperti Asia Playwright Meeting di Tokyo, Jepang pada 2009 dan di Melbourne, Australia pada 2011; Virgin Labfest (Manila, Filipina 2010); PEN World Voice (New York, Amerika Serikat, 2015); dan Sight/Unseen Drama Conference (London, UK, 2018). Ia juga turut aktif sebagai pendiri sekaligus mantan direktur Indonesia Dramatic Reading Festival (IDRF), sebuah festival yang dirancang untuk mempromosikan naskah lakon Indonesia terbaru. Sejak 2018, ia terdaftar sebagai mahasiswa doktoral di Program Theatre and Performance the Graduate Center, City University of New York, Amerika Serikat.
Tickets are not available as this event has passed.
Shopping Basket