Loading Events

Kelas Filsafat

Etika: Moral dan Dunia Digital

Kursi tersedia 0
PlayPause
Slider

Etika: Moral dan Dunia Digital 

Pengampu: Reza A.A. Wattimena

Setiap Sabtu, 07, 14, 21, 28  Mei 2022, 13:00 WIB

Zoom Webinar

Tiket: Rp300.000 (promo) & Rp400.000 (normal)

Durasi: 4 pertemuan | 2 jam

Masih dalam tema besar Manusia dan Dunia Digital, Kelas Filsafat putaran kedua akan mendiskusikan bagaimana cabang-cabang filsafat Barat, dari yang klasik hingga yang mutakhir, mempersepsikan dunia virtual. 

Dalam empat sesi, kelas ini membahas bagaimana kita menghadapi realita yang berubah hari ini berdasarkan pemikiran aliran Stoa, Kant hingga Marx. Bagaimana pula konsep Buddhisme menjelaskannya? 

Pertanyaan-pertanyaan menarik pada sesi ini, misalnya, apakah nirwana dalam Buddhisme adalah juga sesuatu yang virtual? Atau, bagaimana dunia digital membabat struktur dalam masyarakat (atas-bawah) sehingga kita menjadi setara di dalamnya.

Tujuan

Memperluas perspektif, wawasan dan mendorong peserta untuk berpikir kritis.

Materi yang Dipelajari

Kant dan Tindakan Digital

Keterlibatan kita dalam dunia digital tidak dapat dilepaskan dari moralitas. Kelas ini mendalami persoalan tipe tindakan baru yang lahir dari interaksi digital, yakni tindakan digital, dengan diterangi etika Kant.

Stoikisme untuk Para Pengguna Gawai
Luapan informasi menantang pengendalian diri. Bagaimana stoikisme dapat memberi nasihat untuk hidup waras di era digital? Kelas ini mengajak kita untuk menemukan jawabannya.

Buddhisme dan Virtualitas
Apakah konsep “maya” dalam Buddhisme dapat menerangi cara hidup kita ketika teknologi canggih dapat menghasilkan realitas virtual? Kuliah ini akan mencoba memberikan jawabannya dengan belajar dari Buddhisme.

Marx dan Sosialisme Digital
Dalam dunia digital kelas-kelas sosial diratakan. Apakah komunikasi digital merupakan realisasi utopia sosialisme yang diimpikan oleh Karl Marx? Bagaimana bentuk sosialisme digital itu? Kuliah ini mencoba memberikan jawabannya.

Paket Kelas

Makalah untuk setiap sesi;
Sertifikat digital.

Profil

Reza A.A. Wattimena adalah peneliti di bidang filsafat politik, filsafat ilmu dan kebijaksanaan timur. Ia meraih gelar Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München Jerman. Buku terbarunya adalah Urban Zen: Tawaran Kejernihan untuk Manusia Modern (2021).
Shopping Basket