Loading Events

Kelas Filsafat

Antropologi: Manusia dan Dunia Digital

Antropologi: Manusia dan Dunia Digital (Promo) (HABIS) - Rp 300.000
Antropologi: Manusia dan Dunia Digital (Normal) - Rp 400.000
Kursi tersedia 38
PlayPause
Slider

Pengampu: Reza A.A. Wattimena

Setiap Sabtu, 05, 12, 19, 26 Februari 2022, 13:00 WIB

Zoom Webinar

Tiket: Rp300.000 (promo) & Rp400.000 (normal) (harga untuk 4 sesi)

Durasi: 4 pertemuan | 2 jam
Revolusi digital telah mengubah modes of being kita. Dunia digital ada secara paralel dengan dunia korporeal. Kita hidup dalam keduanya. Bagaimana filsafat menanggapi perubahan ini? Lewat seri kuliah ini kita diajak untuk memikirkan perubahan-perubahan dan fenomena dunia digital yang terjadi dari perspektif antropologi, etika, dan epistemologi berdasarkan sorotan pemikiran para filsuf kontemporer.

Pada putaran pertama, berdasarkan segi antropologi, kelas ini membahas bagaimana eksistensi pikiran manusia berhadapan dengan “kemayaan realitas” dalam dunia digital.

Tujuan

– Memperluas perspektif, wawasan dan mendorong peserta untuk berpikir kritis.

Materi yang Dipelajari

Zen, Ilusi Ego dan Internet
Komunikasi digital telah menantang konsep klasik tentang ego. Dalam kuliah ini pengampu akan menunjukkan bagaimana Zen dapat membantu memahami ego di era digital. Ego bukan substansi, seperti dipahami modernitas, melainkan relasi atau bahkan ilusi.

Nietzsche dan Cyborg
Konsep “manusia atas” (Übermensch) dari Nietzsche telah mengantisipasi realitas pasca-humanisme yang menggabungkan manusia dan mesin. Dalam kuliah ini kita akan mendiskusikan bagaimana Nietzsche telah mengantisipasi datangnya era teknologi canggih yang meningkatkan kapasitas kemanusiaan kita.

Neurofilosofi dan Manusia Digital
Perkembangan baru dalam neurofilosofi telah banyak mengubah pemahaman kita tentang kesadaran di era digital. Kuliah ini akan membahas hubungan neurofilosofi dan persepsi manusia di era digital.

Panpsikisme dan Kesadaran Digital
Digitalitas memunculkan persoalan filosofis, apakah dunia ini sebetulnya adalah jiwa. Kuliah ini akan mendiskusikan sejauh mana dunia digital mendukung panpsikisme.

Paket Kelas

– Makalah untuk setiap sesi;
– Sertifikat digital.

Profil

Reza A.A. Wattimena adalah peneliti di bidang filsafat politik, filsafat ilmu dan kebijaksanaan timur. Ia meraih gelar Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Buku terbarunya adalah Urban Zen: Tawaran Kejernihan untuk Manusia Modern (2021).
Shopping Basket